Setting Modem Mobile Broadband di Ubuntu Linux

Posted on Saturday, February 13, 2010 | | In

Walau tulisan yang diangkat sederhana dan terkesan sepele, tapi semoga ada manfaatnya bagi yang membutuhkan. Terutama bagi mereka yang masih kesulitan dalam menggunakan modem mobile broadband. Saat ini hampir semua modem mobile broadband sudah dapat dikenali dan di install ubuntu.


Ubuntu sudah memiliki tool untuk mengkonfigurasi modem broadband tersebut. Untuk melakukan konfigurasi bisa langsung masuk ke System -> Preferences -> Network Connections. Atau bisa juga dengan melakukan klik kanan pada icon network manager di deretan icon panel kanan atas, kemudian pilih Edit Connections...


Nantinya akan muncul sebuah window konfigurasi dengan 5 tab, Wired, Wireless, Mobile Broadband, VPN, dan DSL. Untuk melakukan konfigurasi modem broadband, kita pilih tab Mobile broadband. Ada beberapa langkah dalam mengkonfigurasi modem broadband, yaitu :

  • Klik tombol Add, kemudian pastikan bahwa device sudah terdeteksi. Jika sudah tekan forward.
  • Kemudian pilih negara provider.
  • Kemudian pilih provider sesuai dengan provider yang digunakan.
  • Kemudian set billing plan, isi nama APN sesuai dengan APN provider.
  • Kemudian apply setting.

Setelah itu, akan muncul window baru untuk konfigurasi lebih lanjut seperti berikut :

Ada tiga buah tab, Mobile Broadband, PPP Settings, dan IPv4 Settings. Pada tab Mobile Broadband, isi username dan password sesuai dengan username dan password pada provider yang kita gunakan. Jika tidak menggunakan username dan password kosongkan saja. Pastikan juga nama APN sudah benar.

Kemudian pada tab PPP Settings, pada Authentication pastikan hanya PAP saja yang terpilih. Cara memilihnya dengan masuk ke Configure Method. Kemudian pada tab IPv4 Settings, pastikan method yang digunakan Automatic (PPP), sehingga IP addres, gateway, DNS server diisi secara otomatis dari provider.

Setelah semua selesai klik Apply. Untuk menggunakan koneksi yang sudah kita buat tadi, kita bisa memilih dengan cara mengklik kiri icon network manager di panel kanan atas, kemudian pilih nama profile yang kita bikin pada bagian Mobile Broadband. Jika sudah connect nantinya akan muncul notifikasi yang menandakan koneksi berhasil. Untuk memutus koneksi, tinggal pilih disconnect melalui network manager juga.

Oke, segini dulu yang bisa saya tulis. Kebetulan ada teman yang nanya, jadi sekalian tak tulis di blog saja. Jadi bagi mereka yang membutuhkan bisa merujuk ke sini. Selamat mencoba... (wave)


Sumber : http://dhanza.web.id/blog/2010/01/07/setting-modem-mobile-broadband/

Comments (9)

Datang berkunjung,artikelnya bagus

duh ga bisa ni,
modemnya jg ga ke detect..

articleeveryday.blogspot.com

kenapa y modem ane connect-nya cuma sebentar lalu otomatis disable? ane makai modem ZTE MF180 dengan kartu Three

I had to face a lot of problem when installing my modem. The problem is that ubuntu treats modem as a usb device first and don't look for the modem. You need to change that and needs to write a little bit for that.

Absolute beginners might get help from here:

http://sakibmoon.hubpages.com/hub/How-to-use-Gtalk-Yahoo-Messenger-Skype-and-other-Chat-Account-in-Ubuntu

http://sakibmoon.hubpages.com/hub/How-to-Check-Install-and-Remove-Software-in-Ubuntu

ga bisa tuuhhhh ga segampang yg km tulis

ga bisa tuuhhhh ga segampang yg km tulis

Gak yakin nih dengan yang ini..gak dijelasin tentang deteksi modemnya.. Mungkin modem kita colokin, itu dibaca sebagai media penyimpanan kayak flash disk..

langkah awal untuk deteksi modem biasanya dengan ketik lsusb di terminal, biasanya id modem akan muncul, detelah itu kita koneksikan modem agar terdetek di ubuntu,,

wahahahaha masih simple punya saya hehehehehe

http://budinur891.blogspot.com/2012/06/setting-modem-evdo-smartfren-di-linux

Post a Comment