Menginstal menggunakan apt-web

Posted on Thursday, January 07, 2010 | | In

Bagi sebagian temen mungkin install program secara offline pada Linux (khususnya Ubuntu), merupakan suatu hal yang cukup sulit dan merepotkan. Karena tidak seperti file installer pada software Wingdos yang sudah dijadikan satu paket, instalasi software pada Linux terkadang membutuhkan file lain (dependency) yang belum tentu di dalam system ada. Memang kita mengenal file installer *.deb yang notabene lebih memudahkan kita karena lebih terstruktur, hanya saja tetap saja, file *.deb terkadang tidak bisa berdiri sendiri. Sayangnya lagi kita tidak terkoneksi ke internet dan juga tidak mempunyai DVD Repo-nya.
Tapi jangan khawatir. Kita pun bisa menginstal software secara offline tanpa takut masalah dependensi.
Kita cukup menggunakan apt-web. Apt-web diciptakan untuk mempermudah kita dalam menginstal software, tanpa takut akan masalah dependensi. Apt-web biasanya tersedia di setiap mirror. Dengan apt-web, kita bisa memperoleh referensi dependency apa saja yang harus diinstal sebagai syarat untuk instalasi software yang ingin diinstal. Jika dikatakan ini semacam repo versi online, mungkin bisa juga :D . Ada banyak alamat web yang menyediakan fasilitas apt-web ini. Sebagai contoh :

  1. http://repo.ugm.ac.id/apt-web
  2. http://labs.fajran.web.id/p/apt-web
  3. atau yang lain. Search aja di Google dengan kata kunci ‘apt-web’. Ada banyak kok. Biasanya setiap mirror repo selalu mempunyai fasilitas ini.
Nah misalnya kita ingin menginstal mp3 player ubuntu atau mysql-server, maka yang perlu kita lakukan adalah mampir warnet sebentar. Gak lama kok. :D Kemudian masuk ke alamat apt-web. Langkah selanjutnya cukup memasukkan nama software yang ingin kita install. Selanjutnya akan tampil file -file apa saja yang harus kita download, dalam rangka menginstal software yang bersangkutan.
Menggunakan apt-web
Menggunakan apt-web - Klik untuk memperbesar
Gimana? Mudah bukan? Kuncinya masih tetep internet. Biasanya filenya kecil kecil kok. ;) Sekarang, instal software sekarang jadi lebih simple bukan? :D Semoga membantu
sumber : http://www.mastanto.com/mudahnya-menginstal-software-offline-menggunakan-apt-web/

Comments (4)

kalo untuk ubuntu 10.04 gimana caranya? saya mau install vlc,cairo-dock, mplayer,realplayer, paket2 apa saja yg perlu di install. Mohon bantuannya dengan sangat teman2 semuanya..

admin nya kemana nih ?????

gmn cara mengetahui turunan dari OS linux kita/berbasis ap OS linux kita...?

tolong juga linknya installer program linux yang ber extensi .deb

thanx ya...

berguna banget nie sharingnya..
thanx ya..
2 jam browsing cari buat donlot dependencies ga nemu",akhirnya ketemu nie web..
ALHAMDULILLAH..
terima kasih.. :D

Post a Comment